• follow @neubeproject

  • follow @neubeproject

  • follow @neubeproject

  • follow @neubeproject

Minggu, 03 November 2013

5 K Yang Harus Dipersiapkan Sebelum KKL (Kuliah Kerja Lapangan)

Mungkin, sekarang ini adalah waktu panas bagi kita dalam mempersiapkan KKL. Kan KKL itu hal yang serius, makannya kita harus persiapkan KKL kita sebaik mungkin, dari nyiapin uang yang pas sampai tempat yg pas dgn uang itu. Caelah.

Kali ini saya coba menganalisis 5 K yang sebenarnya perlu kita miliki dalam mempersiapkan KKL, tapi sayang belum bisa kita jalankan semaksimal kita. mungkin ini juga bagian dari koreksi diri kita semua.
kalo semua org bisa maksimal kan kelangsungan KKL kita bisa lancar dan ga kaya sekarang.

Apa saja kah 5K itu?

1. Komunikasi

Jelas dong komunikasi. Kita gak mungkin berangkat sama orang yang kita gak kenal sama sekali, dan untuk mengenal teman KKL lebih lagi, kita harus komunikasi sama semua anggota KKL itu. Komunikasi itu penting sekali. Kita sj gak mungkin menikah sama pacar kita kalo komukasi saja kurang. Jaman dulu saja org2 udah komunikasi pake surat.

Komunikasi juga merupakan bukti keseriusan kita, apa lagi jaman sekarang. Alat komunikasi dan aplikasi untuk komunikasi yang memudah kita semakin banyak. Minimal bisa sms lah. Kalo perlu langsung telponan. Dan jangan pernah biarkan hape kita yg kosong tanpa pulsa di jadikan alasan. biar gak ada miss komunikasi. entah sms yg kepotong, atau malah sms yg ga nyampai.

2. Komitmen

Yang ini Berat. Begitu kita memulai rapat dari awal, kita itu perlu punya komitmen, karena dalam merencanakan KKL yang serius, pasti perlu yang namanya komitmen. Komitmen buat ngikutin semua rapat sampe nanti terbang ke negara tujuan, saling kompromi dan saling berubah, saling mengerti satu sama lain. Nah, untuk melewati semua itu harus pake komitmen.

3. Keterbukaan

Keterbukaan yang saya maksud itu jujur sama semua anggota, tentang bgmna keadaan diri kita, jangan ada yang di tutup-tutupi. Hal ini penting, karena kalo pada ga mau ngomong, kasian sm diri kita sendiri. Jadi, dari pada ngomong dibelakang, mendingan kita datang disetiap pertemuan. Kalo bisa sih, semuanya saling terbuka, eh tapi bukan buka-bukaan nah. 

4. Kepercayaan

Kalo kita sudah netapin si doi jadi ketua, kita harus belajar percaya sama dia. Dan sebaliknya, kita juga jangan merusak kepercayaan yang dikasih ke kita. Karena kepercayaan itu mirip penghapus, semakin kecil setiap kali ada kesalahan.

5. Keintiman

Menurut KBBI, intim itu akrab, atau karib jadi keintiman itu keakraban. Kita kan KKL tuh sama temen2 kita, jelas dong harus akrab sering pergi bareng, jalan-jalan, melakukan banyak hal bersama, supaya kita sama dia makin dekat secara batin, dan tentunya keakraban kita akan membantu kita dalam menyukseskan KKL kelak.

Semoga ini bisa menjadi bahan introspeksi kita masing-masing.. Tidak bermaksud menggurui. Kita semua sama kok. sama-sama ingin dimengerti. Hanya caranya saja yg berbeda-beda. 

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...